Pengertian Google Sandbox



google-sandbox-rank
Apa Google Sandbox itu? Google Sandbox adalah memungkinkan Google memfilter website-website yang masih memiliki beberapa kekurangan,sehingga websites yang memang punya kualitas bagus dan konten yang uptodate dapat didahulukan. Ini semua berkaitan dengan interest Google untuk memastikan bahwa hasil yang ditampilkannya adalah hasil pencarian yang memiliki SERPS bagus yang mengarah pada website-website yang memiliki relevansi tinggi, up to date serta useful.

Kunci kesuksesan dalam search engine adalah Relevansi , sehingga diperperlukan untuk melakukan langkah untuk memastikan relevansi dari hasil pencarian si Google. Memfilter websites baru dan memonitoring mereka, memungkinkan websites ini melakukan perbaikan sehingga lebih akurat efisien dengan SERPS yang sebenarnya.

Gejala kena Sandbox
Bagaimana mengetahui jika website masuk ke dalam sandbox? Kebanyakan websites yang memiliki domain baru (baru terdaftar) biasanya oleh Google akan dimasukkan ke dalam Sandbox begitu mereka menemukan sites tersebut. Google akan menemukan site dengan mengikuti Inbound Link (IBL) dari site lain yang di crawl oleh Googlebot.Kita akan melihat dan menemukan website dalam normal Google SERPS jika kita mencarinya dengan menggunakan domain name, tapi tidak akan terlisting dengan menggunakan kata kunci apapun. Selain itu Google juga tidak akan menunjukkan website-website lain yang memiliki link ke website kita, ataupun menampilkan pages yang memiliki hubungan dengansite kita. Dengan kata lain,Google tak akan menampilkan page lain selain HOME (index) page milik kita.

Jika kita melacak website visitor statistiknya ada di Google Sandbox, akan terlihat bahwa Googlebot selalu datang secara reguler untuk melakukan crawling ke semua page yang ada. Google benar-benar mengetahui bila page kita itu exist dan mengetahui konten didalamnya, tapi tidak melistingnya di SERPS utamanya. Dengan kata lain, karena website kita baru, sehingga masih dalam masa probation tempatnya di 'sandbox'.

Berapa lama sebuah website berada di Google Sandbox?
Sulit memperkirakan berapa lama sebuah website akan berada di Google sandbox karena semua itu tergantung dari tipe-tipe kata kunci yang dipakai. Waktu yang dapat di perkirakan antara 6-8 bulan dan tidak ada yang dapat dilakukan oleh kita pemilik website bila sudah website sudah berada di Sandbox kecuali menunggu.

Google Sandbox bukanlah suatu berita buruk. Jika blog kita memiliki konten berkualitas dan relevan maka akan dengan sendirinya keluar dari Sandbox dan akan mendapatkan ranking di google.
Gunakanlah waktu sebaik-baiknya ketika berada dalam Sandbox untuk memperbaiki final rangking nanti setelah keluar dari sana. Jangan bingung sendiri.

Jangan pernah lupa, Google bukan satu-satunya search engine!. Masih ada banyak search engine lain yang digunakan secara luas oleh masyarakat online, seperti MSN diperkirakan akan menjadi pesaing Google dimasa mendatang. Yahoo dan Alta Vista tidak memiliki kebijakan sandbox filter sehingga website baru akan dapat cepat terlisting dan segera mendatangkan traffic ke website. Jadi jangan melulu terpancang hanya pada Google saja. 
 
Author : Here

0 komentar:

Posting Komentar